Penyuluhan Pertanahan dalam Rangka PKL PPK di Desa Banjararum, Kalibawang, Kulonprogo

pkl1Praktik Kerja Lapangan merupakan kegiatan yang wajib dilakukan mahasiswa program Diploma IV Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) Yogyakarta dengan bobot sebesar 2 SKS. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari pembelajaran yang bersifat praktik dan terintegrasi dengan mata kuliah yang sudah dipelajari sebelumnya.
Pada tahun Akademik 2014/2015 Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang dilaksanakan bertajuk Pengukuran, Pemetaan Bidang tanah dan Penilaian Tanah yang diikuti oleh mahasiswa semester V Program Diploma IV Pertanahan STPN. Kegiatan PKL tersebut diselenggarakan di Desa Banjar Arum, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta yang terbagi menjadi 9 dusun yaitu Ngipik rejo 1, Ngipikrejo 2, Kagongan, Sayangan, Kanoman 1, Kanoman 2, Jogobayan, Kisik dan Kriyan.
Sebelum pelaksanaan PKL dilaksanakan Penyuluhan yang dilaksanakan pada hari jumat tanggal 28 November 2014 dengan materi proses pendaftaran tanah dan penilaian tanah. Adapun Penyuluhan dilangsungkan di 3 dusun yaitu dusun Sayangan, Ngipikrejo 1 dan Jogobayan dengan peserta warga 9 dusun tempat lokasi PKL. Ketika dilangsungkan penyuluhan terjadi dialog interaktif dari penyuluh yang terdiri dari dosen-dosen STPN dengan warga baik mengenai materi PKL yang akan dilaksanakan maupun proses-proses pengukuran, pendaftaran dan penilaian tanah.

Leave a Reply